Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

6 Tips Mudah untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja menjadi poin penting yang harus diperhatikan setiap individu, baik dalam  kehidupan personal maupun kariernya. 

Kebanyakan orang telah bekerja keras dari pagi hingga larut malam, tetapi ‘produk’ yang dihasilkan tidak sebanding dengan lelahnya. Tak jarang, pekerjaan di awal pekan masih saja dikerjakan hingga mengambil jatah libur di hari minggu.

Alhasil, banyaknya pekerjaan tersebut membuat kita tidak fokus, kelelahan, dan stress. Oleh karena itu, kita memerlukan cara atau tips meningkatkan produktivitas kerja. 

Pastikan tips di artikel ini tak terlewat agar produktivitas kerja Anda semakin meningkat!

Daftar Isi

Pengertian Produktivitas Kerja

Pengertian Produktivitas Kerja dan Tipsnya
Sumber: Freepik

International Labour Organization (ILO) yaitu organisasi perburuhan internasional menyebutkan bahwa produktivitas kerja secara ilmu hitung adalah perbandingan antara jumlah hasil yang diperoleh dengan jumlah sumber daya yang digunakan selama proses produksi.

Sederhananya, produktivitas kerja adalah perbandingan kualitas dan kuantitas pekerjaan seseorang dengan jumlah sumber daya yang digunakan.

Tujuan produktivitas ialah menghasilkan dan meningkatkan produk (barang atau jasa) secara efektif dengan memanfaatkan sumber daya yang efisien.

Indikator Produktivitas Kerja

Indikator Produktivitas Kerja
Sumber: Freepik

Sebelum mengetahui dan menerapkan tips untuk meningkatkan produktivitas kerja, perlu Anda ketahui indikator yang menjadi dasar untuk mengukur produktivitas kerja itu sendiri. Berikut penjelasannya yang dikutip dari situs Linovhr.com:

Kuantitas Kerja

Indikator ini mengacu pada hasil yang dicapai oleh seorang pekerja dalam ukuran jumlah tertentu. Pada lingkup perusahaan, kuantitas kerja diketahui dengan cara membandingkan capaian kerja karyawan dengan target kuantitas yang ditetapkan perusahaan.

Kualitas Kerja

Kualitas kerja berkaitan dengan mutu dari pekerjaan. Ini menunjukkan kemampuan terbaik pekerja dalam menyelesaikan tanggung jawabnya secara teknis. Antara kuantitas dan kualitas kerja harus berbanding lurus agar produktivitas kerja pun masuk dalam kategori baik. 

Guna meningkatkan kualitas pekerjaan, seorang pekerja perlu melakukan evaluasi rutin, berkomitmen untuk selalu disiplin dan memperdalam ilmu mengenai bidang pekerjaannya.

Ketepatan Waktu

Indikator ketepatan waktu berhubungan dengan suatu aktivitas yang diselesaikan pada awal waktu. Ini dilihat dari koordinasinya dengan hasil dan caranya memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lain. 

Semua pekerja harus menyadari bahwa setiap pekerjaan memiliki tenggat waktu. Perlu adanya batasan waktu yang jelas agar pekerjaan dapat selesai secara efektif dan efisien. Batasan waktu ini akan membantu meningkatkan semangat dan produktivitas kerjanya.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja
Sumber: Freepik

Mengatur Area Kerja yang Baik

Area kerja bisa meliputi meja dan kursi kerja, serta kondisi di sekitarnya. Area kerja yang berantakan akan sangat berpengaruh pada penurunan produktivitas kerja.

Cobalah untuk membereskan meja kerja dari barang-barang yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. 

Selain itu, pilihlah kursi yang ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh dan meja kerja untuk mengurangi risiko kelelahan, sakit punggung atau leher. 

Faktor kenyamanan dan kesehatan harus menjadi prioritas utama Anda.

Membuat Daftar Pekerjaan

Lakukan cara ini setiap pagi ketika akan memulai pekerjaan. Anda bisa menuliskannya pada catatan kecil dan menempelkannya pada area yang mudah dilihat, misal di dinding depan meja atau di bawah desktop.

Upaya ini sangat penting karena membantu mengingat pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan. Namun ingat, prioritaskan pekerjaan yang paling penting dulu untuk dikerjakan di awal, ya.

Kerjakan Tugas yang Sulit Dulu

Selain mengerjakan tugas sesuai prioritasnya, Anda juga bisa mencoba menyelesaikan pekerjaan yang lebih sulit terlebih dahulu.

Hal ini akan membantu Anda lebih fokus dan tugas kecil lainnya akan tampak lebih mudah dikerjakan. 

Anda bisa mengerjakannya saat baru memulai kerja di pagi hari atau di waktu ketika Anda merasa sangat bersemangat. 

Hindari Hal-hal yang Menganggu Fokus

Seringkali yang membuat seseorang lambat dalam menyelesaikan pekerjaannya, bukan karena sulitnya suatu pekerjaan, melainkan banyaknya hal-hal yang mengganggu fokusnya.

Notifikasi smartphone, bisingnya area kerja, perut kosong adalah beberapa contoh yang dapat membuat Anda tidak fokus dan pekerjaan tidak kunjung selesai.

Mulai sekarang, saat bekerja pastikan diri dan lingkungan sekitar bebas hal-hal yang menggangu Anda, ya!

Hindari Multitugas

Mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus agar lebih cepat? Stop, Anda harus berhenti melakukan kebiasaan ini. Sebab meskipun terlihat menjanjikan, upaya ini tidak akan berhasil meningkatkan produktivitas kerja Anda. 

Dikutip dari situs Forbes.com, seorang profesor ilmu saraf Earl K. Miller mengatakan, “Multitasking (multitugas) tidak mungkin dilakukan secara manusiawi.” Anda hanya perlu fokus pada satu tugas dalam satu waktu, supaya benar-benar bisa menyelesaikannya lebih cepat.

Menyempatkan untuk Power Nap

Power nap adalah tidur siang selama kurang lebih 20-30 menit. Tips ini terbukti mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda. Sebaiknya gunakan waktu istirahat untuk mengistirahatkan seluruh badan, terutama mata Anda. 

Diantara beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja yang lain, tips inilah yang bisa dibilang paling penting namun seringkali diabaikan. Padahal produktivitas yang dapat bertahan dalam jangka panjang sangat dipengaruhi oleh kondisi fisik. 

Itulah alasan pentingnya Anda menjaga kesehatan tubuh dengan menyeimbangkan antara pola makan, istirahat, dan olahraga. 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Olahraga Ringan di Rumah, Mudah dan Tanpa Alat

Menerapkan Teknik Pomodoro

Teknik ini diciptakan pada tahun 1980 oleh Francesco Cirillo. Teknik Pomodoro bermanfaat untuk mengatur waktu saat bekerja, yaitu dengan memanfaatkan timer sebagai alat bantu.

Berikut cara menerapkan teknik Pomodoro yang bisa Anda coba:

  1. Pilih tugas yang akan diselesaikan
  2. Nyalakan timer selama 25 menit
  3. Kerjakan tugas dengan fokus sampai timer berbunyi. Beri tanda checklist pada daftar pekerjaan Anda
  4. Istirahat sebentar sekitar 5 menit 
  5. Kembali bekerja dengan mengulangi poin a sampai d. Jika sudah 4 kali bertutut-turut, ambil waktu istirahat yang cukup panjang.

Anda dapat memodifikasi teknik ini salah satunya dengan cara menentukan sendiri jumlah menit yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pekerjaan dan untuk istirahat. Sesuaikan sendiri dengan kondisi dan kemampuan Anda.

Penutup

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja
Sumber: Freepik

Dapat disimpulkan bahwa produktivitas kerja dapat tercapai bukan hanya dari banyaknya pekerjaan yang bisa selesai, tapi juga kualitas yang terjaga dengan baik dan selesai tepat waktu. 

Perlu adanya perhatian dalam berbagai hal, seperti manajemen waktu yang baik, area kerja yang kondusif, hingga menjaga kondisi kesehatan. Semuanya saling berhubungan dan memiliki porsi yang sama pentingnya untuk peningkatan produktivitas kerja. 

Bagaimana, sekarang sudah siap untuk lebih produktif?

Baca Juga: 7 Tips Efektif Manajemen Waktu Agar Anda Makin Produktif 

Editor: Izzahadinda

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *