Sering Mengantuk: Penyebab dan Tips Mengatasi

Sering Mengantuk: Penyebab dan Tips Mengatasi

Sering Mengantuk Padahal Tidur Cukup? Ketahui 4 Penyebabnya!

Saat bekerja kita dituntut untuk tetap fokus dan aktif. Namun bagaimana jika tubuh justru lesu karena rasa kantuk yang tiba-tiba menghampiri? Hal ini memang menyebalkan karena akan mengganggu konsentrasi saat bekerja.

Kantuk seringkali muncul saat siang hari, sehingga imbasnya pekerjaan menjadi tidak maksimal dan tubuh tidak bersemangat. Padahal siang hari merupakan waktu produktif.

Lantas mengapa meski sudah tidur lama tapi masih sering mengantuk juga? Simak ulasan berikut untuk mengetahui beragam penyebabnya.

Penyebab Sering Mengantuk

Jam tidur berubah-ubah

Hal ini biasanya dialami oleh orang yang bekerja dengan sistem shift. Jam biologis tubuh atau biasa disebut ritme sirkadian yang berantakan menjadi alasan seseorang sering mengantuk meskipun sudah cukup tidur.

Jadwal tidur yang terganggu tersebut menyebabkan tubuh sulit beradaptasi dan kebingungan kapan harus tidur atau terbangun.

Meskipun bukan pekerja shift, ritme sirkadian berantakan bisa terjadi jika Anda sering begadang. Apabila kebiasaan begadang tidak dibenahi maka Anda akan sering mengantuk di waktu yang tidak tepat.

Efek samping obat

pengaruh obat-obatan
Sumber: Freepik

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan bisa jadi hal tersebut merupakan penyebab sering mengantuk, karena ada beberapa obat yang memiliki efek samping sehingga membuat kita mudah lelah dan mengantuk. Beberapa diantaranya adalah:

  • Beberapa obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi
  • Antidepresan
  • Obat yang mengobati mual dan muntah (antiemetik)
  • Obat yang mengatasi hidung tersumbat (antihistamin)
  • Antipsikotik
  • Epilepsi
  • Obat untuk mengatasi kecemasan

Kualitas tidur yang buruk

Sleep Apnea dan Parasomnia merupakan beberapa gangguan yang dapat terjadi saat seseorang tidur.

Sleep Apnea adalah terhentinya nafas sesaat karena penyumbatan di saluran napas dan menyebabkan seseorang terbangun dari tidur.

Berdasarkan jurnal Excessive Daytime Sleepiness in Obstructive Sleep Apnea. Mechanisms and Clinical Management, banyak pasien Sleep Apnea mengalami rasa kantuk berlebihan di siang hari yang berdampak negatif pada aktivitas sehari-hari, kognisi, suasana hati, dan aspek kesejahteraan lainnya.

Sedangkan dikutip dari website Alodokter.com parasomnia merupakan perilaku tidak normal yang dialami seseorang saat sedang tidur. Beberapa perilaku yang termasuk ke dalam parasomnia adalah tidur sambil berjalan, tidur sambil berbicara, membenturkan kepala saat tidur, dan merasakan ketakutan di malam hari.

Beberapa gangguan tersebut dapat menyebabkan penderita sering terbangun di malam hari atau tidur tidak nyenyak sehingga kualitasnya menjadi buruk.

Depresi

depresi menyebabkan jam tidur tidak beraturan
Sumber: Freepik

Masalah mental ini juga menjadi penyebab seseorang sering mengantuk, pasalnya salah satu gejala umum depresi adalah rasa mengantuk yang berlebihan.

Depresi merupakan kondisi tingkat lanjut dari stres. Saat seseorang depresi biasanya akan lebih banyak tidur ataupun sedikit tidur sehingga berimbas pada jadwal tidur tidak beraturan.

Mengatasi Kebiasaan Sering Mengantuk di Siang Hari

Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk menghilangkan kantuk terutama di siang hari:

Rutin berolahraga

rutin berolahraga
Sumber: Freepik

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan energi dan semangat dalam beraktivitas. Anda dapat melakukannya minimal 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Olahraga Ringan di Rumah, Mudah dan Tanpa Alat

Menerapkan pola makan sehat

Dikutip dari situs New York Times, para peneliti menemukan bahwa konsumsi makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan dapat mengganggu tidur Anda. Sebaliknya konsumsi makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh — seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun — memberikan efek sebaliknya, yaitu membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

Secara spesifik, kebiasaan mudah mengantuk dapat Anda atasi dengan memperbanyak asupan vitamin B12. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin ini adalah kerang, kepiting, ikan salmon, daging sapi, dan yoghurt. Tentu jika ingin tubuh lebih berenergi, Anda perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, aneka vitamin, serta mineral.

Kelola stres

kelola stres
Sumber: Unsplash

Stres yang berlebih dapat mengakibatkan tubuh kelelahan. Salah satu upaya untuk mengatasi stres adalah dengan mencari support system yang baik, bisa dari teman ataupun keluarga.

Memperbanyak minum air putih

Selain menghindarkan diri dari resiko dehidrasi, banyak minum air putih juga dapat meningkatkan fokus khususnya di waktu produktif. Aslah Pure Water merupakan air demineral yang tepat untuk menemani waktu produktif Anda.

Baca Juga: Air Kemasan atau Air Rebusan? Ini yang Lebih Sehat Dikonsumsi!

Cukupi kebutuhan tidur

Sebelum melakukan berbagai cara di atas, ada baiknya Anda perhatikan dulu apakah kebutuhan tidur harian sudah tercukupi. Dikutip dari situs kemkes.go.id kebutuhan tidur orang dewasa adalah selama 7-8 jam tiap harinya.

Jadi jika memang kebutuhan tersebut belum terpenuhi dan Anda merasa mudah mengantuk, maka bisa jadi tubuh memang perlu beristirahat.

Sekian pembahasan mengenai kebiasaan sering mengantuk. Anda bisa memulainya dari cara sederhana yang Anda mampu terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri sehingga berujung stres ke depannya. Karena kalau sudah stres, bukannya tambah produktif, malah bikin sakit. 

Yuk mulai resolusi produktif dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat!

Editor: Ismu Kunthi

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *