Penyebab Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung

6 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari & Cara Atasinya

Waktu istirahat di malam hari seringkali terganggu karena kondisi asam lambung naik atau yang biasa disebut GERD. Sensasi rasa terbakar di dada yang bertambah parah memperburuk kualitas tidur penderitanya.

Sebenarnya apa saja, ya, hal yang memicu kenaikan asam lambung ini lebih sering terjadi saat malam hari?

Artikel ini akan menyajikan penjelasan mengenai penyebab asam lambung naik di malam hari, dan juga beberapa cara mengatasinya secara alami atau tanpa obat. Simak hingga tuntas agar Anda dapat melakukan upaya yang tepat saat GERD kambuh.

Daftar Isi

Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari
Sumber: Freepik

Makan banyak dan langsung rebahan / tidur

Beberapa orang sering tergoda untuk makan larut malam, bahkan terkadang menghabiskan porsi yang besar. Inilah yang seringkali menjadi penyebab utama asam lambung naik di malam hari.

Dikutip dari situs medicalnewstoday.com, para peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa pada malam hari kita mengalami perubahan kadar hormon yang memengaruhi nafsu makan.

Hormon ini diantaranya hormon ghrelin yang berperan mengatur rasa lapar dan peptide YY (PYY) yang berperan meredam rasa lapar. Perubahan kadar kedua hormon ini menyebabkan kita cenderung makan berlebihan di malam hari.

Selanjutnya, karena malam hari identik dengan waktu tidur, maka kebiasaan makan berlebih ini kerap diiringi dengan keinginan langsung rebahan setelahnya.

Padahal posisi berbaring setelah makan bisa memicu asam lambung keluar lalu naik menuju kerongkongan.

Baca Juga: Dampak Tidur setelah Makan

Pilihan makanan yang salah

Tak hanya porsi besar, makan larut malam seringkali melibatkan makanan berlemak jahat yang diiringi minuman berkafein. 

Tak dapat dipungkiri kenikmatan sajian tersebut jika dinikmati malam hari, tetapi Anda harus menyadari bahwa risiko kenaikan asam lambung akan meningkat dengannya. 

Berikut beberapa pantangan makanan dan minuman yang harus Anda hindari, terlebih saat malam hari:

  • Makanan berlemak, pedas, dan berminyak
  • Coklat
  • Bawang putih, bawang merah, bawang bombay
  • Makanan asam, seperti produk jeruk atau tomat
  • Minuman berkafein
  • Minuman soda
  • Susu dan produk olahannya

Stress

Setelah terpapar dengan beban pekerjaan seharian, stres biasanya terakumulasi saat malam hari. Ketika stres melanda, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan asam lambung.

Stres juga diketahui dapat menguras produksi zat yang disebut prostaglandin. Padahal zat ini berperan menurunkan produksi asam lambung sekaligus merangsang pelepasan lendir pelindung di saluran pencernaan. 

Baca Juga: Gangguan Pencernaan: Penyebab, Gejala, dan Tips Mengatasinya

Obesitas

Dikutip dari situs obesityaction.org, meningkatnya risiko GERD pada orang yang mengalami obesitas dikarenakan adanya kelebihan lemak perut yang menyebabkan tekanan pada perut. Selanjutnya tekanan ini memungkinkan keluarnya asam lambung ke bagian esofagus.

Kehamilan

Ada sekitar 17% hingga 45% wanita hamil mengalami gejala mulas karena kenaikan asam lambung. Beberapa hal disinyalir menjadi penyebabnya, diantaranya tambahan tekanan pada bagian perut, penambahan berat badan, perubahan hormon, dan juga stres.

Bahkan, gejala kenaikan asam lambung seperti mulas dan heartburn dapat dialami segera sesudah makan atau minum.

Munculnya gejala ini dapat terjadi kapan saja selama masa kehamilan, terutama saat memasuki usia 27 minggu lebih.

Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Faktanya, dua kebiasaan ini bukan hanya menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari, namun juga memicu banyak penyakit pada tubuh.

Terlebih jika merokok dilakukan tepat sebelum tidur, maka akan memicu kenaikan asam lambung di malam hari. Sebab nikotin yang ada pada rokok dapat melemaskan katup antara kerongkongan dan lambung (otot sfingter). Akibatnya cairan asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. 

Kenaikan asam lambung juga dapat terjadi jika seseorang mengonsumsi alkohol apalagi secara berlebihan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Cara mengatasi asam lambung
Sumber: Freepik

Mengubah Posisi Tidur

Kenaikan asam lambung di malam hari dapat disiasati dengan pemilihan posisi tidur yang tepat.

Jika gejala kenaikan asam lambung muncul saat tidur, Anda dapat meninggikan tubuh bagian atas dengan cara meletakkan bantal di bawah kepala hingga punggung.

Hal ini memungkinkan tenggorokan dan perut tidak berada pada tingkat yang sama sehingga mengurangi risiko asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. 

Penderita asam lambung juga dapat memposisikan tubuh miring ke kiri karena posisi ini direkomendasikan oleh para peneliti. Sedangkan, tidur telentang justru dapat meningkatkan risiko kenaikan asam lambung.

Menurunkan Berat Badan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa obesitas menjadi salah satu hal yang berkontribusi terhadap kenaikan asam lambung. 

Seiring dengan hal ini, perlu dilakukan upaya penurunan berat badan. Sebab pada faktanya Indeks Massa Tubuh (IMT) dapat memengaruhi risiko kenaikan asam lambung. Indeks Massa Tubuh merupakan ukuran untuk mengetahui status gizi seseorang dengan cara membandingkan antara berat dan tinggi badannya.

Jadi contohnya, orang yang obesitas dan memiliki IMT 25 atau lebih memiliki risiko lebih besar mengalami gejala asam lambung naik dibandingkan dengan orang yang IMT-nya lebih rendah.

Memperbaiki Pola Makan

Untuk mengantisipasi kenaikan asam lambung di malam hari, sebaiknya Anda makan malam 3 jam sebelum tidur supaya tubuh mempunyai cukup waktu untuk mencerna makanan.

Selain itu, alih-alih makan dalam porsi besar, Anda lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering.

Anda juga perlu mengunyah makanan secara perlahan untuk memastikan teksturnya menjadi lebih lembut, sehingga dapat dicerna dengan lebih mudah.

Sekian pembahasan mengenai penyebab asam lambung naik di malam hari dan beberapa cara alami untuk mengatasinya. 

Yuk lebih sayang pada tubuh dengan melakukan upaya penanganan yang alami dan lebih sehat. Jangan lupa juga penuhi hidrasi tubuh Anda dengan asupan air minum yang baik untuk ginjal karena terjamin kemurnian dan kualitasnya, Aslah Pure Water

Editor: izzahadinda

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *