Jenis Diet Menurunkan Berat Badan

Jenis Diet Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Diet Menurunkan Berat Badan & Tips Memilihnya

Banyak yang ingin diet menurunkan berat badan agar memiliki tubuh yang ideal. Selain meningkatkan rasa percaya diri, program diet juga dijalani untuk meraih hidup lebih sehat.

Anda termasuk yang ingin memiliki berat badan ideal? Simak hingga tuntas, artikel ini membahas 5 jenis diet untuk menurunkan berat badan serta tips memilih diet yang cocok bagi Anda.

Sebelum itu kita perlu mengetahui arti diet terlebih dahulu karena banyak yang salah paham soal diet.

Daftar Isi

Apa itu Diet?

Apa itu Diet? Pengertian Diet
Sumber: Freepik

Diet adalah pola makan yang cara dan jenisnya diatur. Namun, masyarakat banyak yang mengira, diet yaitu membatasi porsi makanan untuk menurunkan berat badan, hanya itu saja.

Padahal tujuan umum dari diet adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, di sisi lain diet dapat membantu mengontrol berat badan.

Meski demikian, tidak semua diet bertujuan untuk menurunkan berat badan, lho. Ada beberapa orang yang melakukan diet atas rekomendasi dokter karena mengidap penyakit tertentu. Diet ini biasanya dilakukan dengan mengatur nutrisi yang masuk ke tubuh. 

Jenis-jenis Diet Menurunkan Berat Badan

Jenis Diet Menurunkan Berat Badan
Sumber: Freepik

Diet Keto

Kunci diet keto adalah menambah konsumsi lemak dan protein sebagai sumber kalori dan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Tujuannya agar tubuh mencapai kondisi ketosis, yakni saat tubuh tidak lagi memiliki asupan karbohidrat sebagai sumber makanan yang dapat diproses menjadi energi. Oleh karena itu, tubuh akan memanfaatkan lemak dan protein.

Sumber lemak yang dikonsumsi dalam diet ini berasal dari produk susu, telur organik, minyak sehat seperti minyak kelapa dan zaitun, kacang-kacangan seperti mede dan almond, serta alpukat. 

Mungkin Anda pernah mendengar juga tentang diet karbo. Diet keto dan diet karbo memang terdengar mirip karena sama-sama membatasi asupan karbohidrat, namun ada perbedaan diantara keduanya, salah satunya pada jumlah asupan karbohidrat.

Jika pada diet karbo, konsumsi karbohidrat adalah sekitar 50-150gram, diet keto mensyaratkan karbohidrat harian di bawah angka 50 gram. 

Diet Puasa (Intermittent fasting)

Metode diet ini juga merupakan salah satu yang terpopuler di masyarakat. Meskipun dinamakan diet puasa, namun orang yang menjalankannya masih boleh mengonsumsi minuman.

Aturan dalam intermittent fasting adalah terkait waktu dibolehkannya makan dan waktu berhenti makan. Tidak ada aturan mengenai makanan yang harus dikurangi atau dikonsumsi.

Beberapa waktu lalu di Indonesia marak dengan kemunculan metode diet yang bernama diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet). Konsep yang digunakan dalam metode diet ini sama dengan konsep diet puasa. Namun, diet OCD memiliki beberapa pilihan durasi puasa mulai dari 16, 18, 20, sampai 24 jam.

Diet Mediterania

Selanjutnya, dikutip dari situs healthline.com, metode diet ini mengacu pada kebiasaan makan tradisional warga negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania, termasuk Perancis, Spanyol, Yunani, dan Italia. Banyak peneliti yang mengakui bahwa orang di negara-negara tersebut sangat sehat dan memiliki risiko yang rendah terhadap paparan penyakit kronis.

Pedoman dalam menjalankan diet ini di antaranya mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak yang menyehatkan jantung. Selain itu perlu adanya pembatasan konsumsi makanan olahan, ayam, daging merah, gula tambahan, serta lemak tak jenuh.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa diet mediterania dapat membantu penurunan berat badan dan mencegah serangan jantung, stroke, diabetes tipe 2, serta risiko kematian dini.

Diet Atkins

Orang yang menjalankan diet Atkins dibolehkan mengonsumsi lemak, namun tentu jenis lemak yang baik, ya. Sedangkan untuk asupan karbohidrat perlu dibatasi konsumsinya.

Tujuan pembatasan karbohidrat adalah untuk meningkatkan metabolisme, agar tubuh dapat membakar lebih banyak simpanan lemak di dalamnya. Makanan yang disarankan pada metode diet ini diantaranya makanan dengan protein murni, lemak HDL, dan sayuran berserat tinggi.

Diet Paleo

Latar belakang munculnya diet ini dapat dikatakan cukup unik, sebab mengacu pada pola makan manusia prasejarah masa paleolitikum. Metode diet ini dilakukan dengan mengubah cara pengolahan makanan menjadi lebih sederhana, seperti ditumis, dikukus, atau dibakar. 

Salah satu kunci utama dari diet ini adalah makanan bebas gluten (gluten-free). Selain itu, diet paleo juga menitikberatkan pada makanan alami dan organik. Makanan hasil bercocok tanam dan beternak seperti produk olahan susu, gula, dan garam juga dibatasi. Sedangkan makanan yang menjadi pantangan bagi orang yang menjalankan diet paleo diantaranya makanan kemasan dan kalengan.

Diet ini dipercaya dapat menurunkan berat badan, memperbaiki kualitas tidur, hingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes 2.

Tips Memilih Diet Menurunkan Berat Badan

Tips memilih diet menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Berikut beberapa tips yang dikutip dari situs mayoclinic.org:

Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan

Penyedia layanan kesehatan dalam hal ini bisa dokter, klinik, ataupun konsultan diet. Mereka akan membahas program diet dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda dan konsumsi obat yang mungkin memengaruhi berat badan Anda. Kedua pertimbangan ini dapat dijadikan acuan untuk menentukan metode diet yang sesuai untuk Anda. 

Anda juga dapat mendiskusikan jenis olahraga apa yang aman dan dapat mendukung program penurunan berat badan.

Pertimbangkan kebutuhan Anda

Tidak ada satu pun metode diet yang cocok untuk semua orang, jadi Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Diet yang pernah Anda jalani

Anda bisa mengingat kembali hal-hal yang Anda sukai, tidak sukai, berhasil dan tidak berhasil dalam diet tersebut.

2. Preferensi Anda

Pertimbangkan apakah Anda lebih suka menjalani program penurunan berat badan secara mandiri atau membutuhkan dukungan dari komunitas, atau sesederhana menjalaninya bersama teman. Percayalah, diet akan terasa lebih mudah dijalankan jika Anda memahami cara menjaga semangat. 

3. Anggaran Anda

Beberapa program diet untuk menurunkan berat badan membutuhkan adanya suplemen tertentu, kunjungan ke klinik, atau menghadiri pertemuan komunitas. Tidak perlu memaksakan diri, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda, dan tetap lakukan langkah kecil tapi pasti untuk mencapai tujuan diet Anda.

4. Pertimbangan lain

Anda harus mempertimbangkan banyak hal jika memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, atau alergi. Mungkin juga ada preferensi/ persyaratan makanan dari budaya, agama, atau etnis Anda yang perlu diperhatikan.

Lakukan program diet yang aman dan nyaman

Penurunan berat badan memerlukan komitmen jangka panjang untuk membuat perubahan dalam pola makan, olahraga, dan perilaku. Angka yang relatif aman sebenarnya berkisar pada 0,2 hingga 0,9 kg per minggunya. 

Jadi, jangan tergiur dengan penurunan berat badan yang drastis dalam jangka waktu yang sangat singkat, ya.

Berikut hal-hal yang perlu Anda ceklis untuk memastikan diet menurunkan berat badan yang Anda lakukan aman, nyaman, dan menyenangkan:

1. Fleksibilitas

Diet yang fleksibel menggunakan berbagai makanan dari semua kelompok makanan utama. Poin ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan bahan makanan secara mudah di toko lokal dan membolehkan Anda untuk menikmati makanan yang Anda sukai.

2. Keseimbangan

Poin ini mengharuskan keseimbangan jumlah nutrisi dan kalori yang tepat. Sebab mengurangi kalori secara drastis atau menghilangkan seluruh kelompok makanan dapat mengakibatkan masalah gizi. 

Bahkan, diet yang aman dan sehat cenderung tidak membutuhkan konsumsi vitamin atau suplemen dalam jumlah besar.

3. Kesukaan

Rencana diet yang Anda buat harus berisi makanan yang Anda sukai dan Anda akan menikmatinya seumur hidup. Sebab jika Anda tidak menyukai makanan tersebut, lalu rencana diet terlalu ketat atau justru membosankan, Anda mungkin tidak akan menaatinya. 

4. Aktivitas

Jika ingin mempertahankan penurunan berat badan, maka pengurangan kalori harus diiringi dengan aktivitas fisik dan olahraga. 

Sebab dikutip dari situs klikdokter.com, dr. Valda Garcia menyampaikan bahwa diet tanpa dibarengi dengan olahraga menjadi salah satu penyebab kulit kendur dan bergelambir setelahnya.

Baca Juga: Aktivitas Fisik: Jenis dan 7 Manfaatnya 

Penutup

Sekian pembahasan tentang macam-macam diet untuk menurunkan berat badan dan tips penting memilih salah satu diantaranya. 

Telah disebutkan sebelumnya bahwa dalam menjalankan program penurunan berat badan, Anda harus membatasi asupan gula, baik dalam makanan maupun minuman. Selain itu, Anda perlu memperhatikan cairan tubuh, pastikan selalu terhidrasi dengan air minum yang bebas kalori.

Percayakan saja pada Aslah Pure Waterdiproses dengan teknologi tinggi Reverse Osmosis sehingga membuatnya bebas kontaminasi mineral anorganik. Jadi Anda tak perlu khawatir, karena bukan hanya kalori tubuh yang terjaga, namun kesehatan ginjal pun juga. 

Editor: izzahadinda

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *