Cara Agar Tidak Mudah Lupa

Cara Agar Tidak Mudah Lupa

5 Cara Agar Tidak Mudah Lupa. Daya Ingat Meningkat!

Pernahkah kamu berpergian tapi dompet malah tertinggal? Atau ada janji tapi terlewat karena lupa? Hal tersebut seringkali membuat kita merasa jengkel.

Kebiaasan lupa tidak bisa dianggap sepele lho, bisa jadi ada yang salah dengan pola hidupmu. Coba ingat, sudah berapa kali kamu lupa hari ini?

Bukan hanya menurunkan produktivitas, mudah lupa membuat kita melewatkan beberapa hal dari yang sepele hingga yang penting. Lantas bagaimana cara agar kita tidak mudah lupa?

Jangan khawatir, kami telah merangkum beberapa cara meningkatkan kemampuan memori agar kamu tidak mudah lupa, namun kita bahas dulu yuk mengenai beragam penyebabnya.

Penyebab Mudah Lupa

Kurang tidur

Kurang tidur
Sumber: Freepik

Kurang tidur menjadi penyebab yang sering terjadi, karena tidur yang tidak berkualitas dapat menurunkan konsentrasi dan fokus sehingga daya ingat menurun

Konsumsi obat-obatan

Obat-obat tertentu seperti obat penenang, antidepresan dan obat tekanan darah tinggi memiliki beberapa efek samping terhadap daya ingat. Seringkali orang yang mengonsumsi obat tersebut sulit untuk memperhatikan hal baru sehingga menjadi mudah lupa.

Stres

Saat seseorang mengalami stres, pikiran menjadi terganggu dan memengaruhi kemampuan otak untuk mengingat. Adapun stres juga menyebabkan trauma emosional yang mengakibatkan penderitanya bisa hilang ingatan.

Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan
Sumber: Freepik

Konsumsi alkohol dapat mengganggu ingatan jangka pendek dan merusak kemampuan mental meskipun efek alkohol sudah mereda. Oleh karenanya hindari konsumsi alkohol jika ingin daya ingatmu meningkat.

Pola Makan

Berdasarkan penelitian yang diikutip dari website Harvard Health Publishing, wanita yang mengonsumsi paling banyak lemak jenuh dari makanan seperti daging merah dan mentega memiliki kinerja lebih buruk dalam tes berpikir dan memori dibandingkan wanita yang mengonsumsi sedikit lemak tersebut.

Cara Agar Tidak Mudah Lupa

Membuat daftar prioritas dan pengingat

Membuat daftar prioritas dan pengingat
Sumber: Freepik

Membuat catatan atau daftar pengingat memang terlihat ‘jadul’ namun hal ini dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan lebih teliti agar tidak ada yang terlewat.

Kita tidak harus menuliskannya pada selembar kertas. Manfaatkan teknologi dengan membuat daftar melalui gadget sehingga lebih praktis dan fleksibel.

Hal-hal yang ditulis dalam daftar akan cenderung mudah diingat. Selain itu membuat daftar pengingat dapat menjadi alternatif agar tidak menunda pekerjaan sehingga berpotensi melupakannya.

Cukup tidur

Tubuh akan beristirahat saat kita tidur, begitu pula saraf-saraf otak yang memperbaiki diri untuk bekerja kembali saat bangun. Saat kita tidur nyenyak, otak akan merekam banyak hal ke dalam memori jangka pendek.

Apakah begadang menyebabkan sering lupa? Jawabannya adalah iya. Selain konsentrasi dan fokus yang menurun, kurang tidur dapat mengganggu proses penyimpanan memori jangka pendek pada otak dan berakibat seseorang menjadi mudah lupa.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan seseorang mengalami penurunan kemampuan otak dan kesulitan menerima informasi.

Penuhi asupan nutrisi

Pola makan yang buruk mengakibatkan seseorang mengalami penurunan daya ingat. Melansir dari website siloamhospital.com, seseorang yang mengonsumsi makanan berlemak terutama lemak jenuh cenderung akan mudah lupa.

Oleh karena itu penting sekali mencukupi asupan nutrisi dengan makanan sehat dan bergizi seimbang, 

Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan daya ingat diantaranya alpukat, biji-bijian, sayuran hijau, telur, ikan, buah beri dan ceri.

Selain itu makanan yang mengandung vitamin B12 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf kita.

Olahraga rutin

Saat melakukan gerakan kardio, aerobik, atau sejenisnya, detak jantung dan pernapasan akan meningkat. Detak jantung yang meningkat mengakibatkan aliran darah menuju otak semakin banyak. Sedangkan pernapasan yang meningkat mengakibatkan oksigen dipompa lebih banyak ke dalam darah tersebut. Hal ini membuat otak akan mendapat pasokan oksigen lebih banyak untuk dapat memproduksi neuron pada bagian tertentu guna mengontrol memori dan pikiran.

Dikutip dari website halodoc.com beberapa penelitian menyebutkan orang yang rutin berolahraga memiliki volume lebih besar pada bagian otak yang mengontrol pikiran dan ingatan.

Setelah berolahraga ada baiknya jika menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih. Aslah Pure Water menjadi pilihan tepat karena diproduksi menggunakan filter berteknologi tinggi yang menghasilkan air demineral sehat dan bermanfaat.

Tidak Multitasking

dampak multitasking
Sumber: Freepik

Multitasking adalah kemampuan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Mengutip dari situs klikdokter.com berdasarkan sebuah studi dalam laman Stanford Edu disebutkan bahwa orang yang multitasking sering tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, dari website yang sama dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa otak manusia memang diciptakan untuk menyelesaikan tugasnya secara satu persatu.

Menurut dr. Theresia, gejala yang menonjol jika melakukan banyak hal dalam satu waktu adalah seseorang jadi lebih mudah lupa dan tidak bisa berkonsentrasi pada satu hal karena pikirannya terbagi sehingga sulit untuk mengingat.

Lupa menjadi hal yang wajar jika hanya sesekali, namun apabila terjadi berulang kali maka harus diatasi agar tidak menjadi kebiasaan buruk. Kenali penyebabnya dan terapkan beberapa tips di atas sesuai kondisi yang kalian butuhkan. 

Selamat mencoba!

Editor: Ismu Kunthi

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *